Cara mengetahui apakah sebuah foto asli atau editan

Banyak orang tidak mengetahui foto yang dilihatnya apakah asli atau palsu. Banyak orang tidak mengetahui foto yang dilihatnya apakah asli atau editan. Banyak orang tidak mengetahui kamera apa yang digunakan untuk memotret sebuah foto. Banyak foto beredar di dunia maya yang digunakan untuk menjatuhkan antara satu dengan yang lain. Kita tentu butuh cara mengetahui kepastiannya, apakah foto tersebut asli atau palsu. 

Nah, untuk mengetahui hal tersebut saya akan berbagi cara. Hal pertama tentunya anda harus mempunyai komputer, kemudian download dan instal picasa. Anda bisa menemukannya di google atau klik tautan ini. Setelah diinstal kemudian buka foto anda dengan cara Open with Picasa. Kemudian klik Edit in Picasa, lihat gambar!
Setelah terbuka maka tampilannya seperti gambar di bawah. Ada beberapa foto yang saya gunakan sebagai contoh, lihat tanda panah. Setiap foto asli akan menampilkan histogram dan informasi kamera yang digunakan, berikut beberapa foto asli:
  1. Casio EX-Z800 
  2. Canon PowerShot SX40 HS 
  3. Nokia 210 
  4. Advan S3A 
Foto-foto di atas asli tanpa editan. Contoh foto yang diedit bisa kita lihat pada gambar di bawah, aplikasinya tidak menampilkan histogram dan informasi kamera yang digunakan.
Saya pikir cukup demikian penjelasan mengenai Cara mengetahui apakah sebuah foto asli atau editan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...