Cara membersihkan virus komputer tanpa menghapus data dan program

Apa itu virus komputer? Tak perlu saya jelaskan, bagi yang belum memahami arti virus komputer selengkapnya baca di WIKIPEDIA. Setelah berpetualang sekian lama dengan komputer, akhirnya saya memukan cara paling aman dan sederhana untuk membersihkan virus komputer. Cukup menggunakan antivirus gratis saja, kalau antivirus berbayar sudah tidak sederhana lagi itu namanya, hehe. Pertama siapkan Avast Free Antivirus! Kita menggunakan avast karena programnya sangat mendukung. Anda juga bisa menggunakan antivirus lain jika memang programnya mendukung. Unduh dan pasang, lalu jalankan! Klik Pemindaian, kemudian pilih:
  1. Pemindaian Boot-time
  2. Perbaiki Otomatis
  3. Jalankan

Biarkan komputer Anda merestart sendiri dan melakukan proses pemindaian. Prosesnya mungkin membutuhkan waktu yang lama, atau bahkan bisa berjam-jam, tergantung banyaknya data dan program yang terdapat pada komputer Anda. Jika sudah selesai komputer akan kembali ke tampilan normal dan komputer Anda sudah aman karena semua virus yang menempel sebelumnya sudah dikarantina.

Sekarang coba buka Windows Explorer, apa file Anda masih ada? Misalkan Anda membuka direktori D:\ terpakai 28 GB, tersedia 120 GB dari 148 GB, tetapi setelah dibuka isinya kosong, Ha?!!! Selow, jangan panik! 


File Anda tidak hilang dan hanya disembunyikan. Untuk menampilkan kembali file yang tersembunyi download file di bawah yang bernama Celah Google, setelah didownload copy dan letakkan di direktori yang datanya tersembunyi tadi. Misalkan data yang tidak terlihat tersebut terdapat di D:\ maka letakkan di D:\, double klik dan biarkan berjalan hingga selesai.

Download
 
Setelah selesai, semua file Anda akan kembali dengan keadaan sehat walafiat, fit, bahagia dan bersukaria karena sudah bersih dari virus komputer. Jika ingin, anda bisa menghapus virus yang sudah dikarantina dengan membuka kembali daftar karantina pada antivirus, walau dibiarkan juga tidak akan jadi masalah. Gampang bukan? Saya pikir sampai di sini, jika ada yang ingin ditanyakan kami sediakan kolom komentar hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...