Petunjuk sederhana penggunaan aplikasi alpeka_BOS_TS-11b

Sebelum masuk ke cara penggunaan, kita unduh dulu alpeka_BOS_TS-11b (bagi yang belum ada). Silahkan klik tombol di bawah untuk mengunduh!


Download alpeka_BOS_TS-11b
 

Setelah aplikasi tersedia, sekarang kita lanjut ke petunjuk sederhana penggunaan aplikasi alpeka_BOS_TS-11b. Tapi, hal pertama yang perlu diketahui, kita tidak boleh lepas dari petunjuk yang sudah ditentukan. Untuk itu saya sarankan kepada teman-teman sekalian untuk membaca dan memahami terlebih dahulu apa itu Juknis BOS. Berhubung saat ini masih Tahun Anggaran 2015 maka di sini saya bagikan Juknis BOS 2015, silahkan unduh.


     Download Juknis BOS 2015     
 
Juknis bisa saja berubah setiap tahun anggaran, silahkan hubungi Disdik setempat atau kunjungi laman resmi Kemdikbud untuk informasi lebih lanjut.

Nah demikian.... Sekarang kita buka alpeka_BOS_TS-11b dan enable content. Untuk menghindari kesalahan pengejaan format excel oleh aplikasi, pastikan bahasa dan regional komputer anda Indonesia. Selanjutnya isi Data Umum dan setelah diisi masuk ke Program Sekolah. Pada Program Sekolah, kita harus berangkat dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah dan silahkan buka. Pada gambar di bawah sengaja saya tambahkan kolom Komponen pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah untuk mempermudah pemahaman kita. Lihat gambar!

Cell warna kuning adalah kolom untuk jenis komponen yang baru saja ditambahan. Sedangkan cell di dalam kotak merah berisi uraian kegiatan dan jenis komponennya.

Pertanyaannya: Dari mana nomor komponen tersebut kita ambil? Jawabannya: Dari Juknis BOS 2015 BAB V PENGGUNAAN DANA BOS, yakni bagian A. Komponen Pembiayaan. Lihat gambar!

Yang saya garis bawahi warna merah merupakan ekstrakurikuler dan yang saya lingkari nomor 3 adalah komponen ke-3 dari 13 komponen yang ada, sehingga pada tabel komponen saya beri angka 3. Ada 13 komponen pembiayaan dan ke-13 komponen tersebut diurutkan sesuai nomor urutnya pada tabel tersebut. Pelaksanaan les sore artinya di luar jam sekolah, maka kita masukkan pada bagian ekstrakurikuler, dan begitu seterusnya hingga semua uraian kegiatan ditempatkan sesuai dengan jenis komponen pembiayaannya. Setelah kita memahami penempatan jenis komponen, maka kita buka lagi alpeka_BOS_TS-11b dan kita akan lebih gampang mengisi Program Sekolah. Pada bagian tersebut kita akan menemukan Program, Sub Program, Kegiatan, Di Sekolah, Komp 01 dan seterusnya hingga Komp 13, lalu yang terakhir Di sekolah 2.
Misalkan pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah uraian kegiatannya adalah Pelaksanaan Les Sore, maka pada kolom Kegiatan ketik Pelaksanaan Les Sore (bisa juga diuraikan lagi perjenis kegiatan, tetapi harus diisi sesuai dengan Program Sekolah) dan pada kolom Di sekolah kita pilih "Ya", kolom Komp 03 kita pilih "Ya" dan kolom komponen lainnya selain kolom Komp 03 kita pilih "Tidak". Begitu seterusnya hingga semua uraian kegiatan dimasukkan. Lihat gambar!

Setelah selesai, kita kembali ke menu utama! Klik GENERATE, simpan hasilnya berupa file excel di direktori yang teman-teman inginkan, misalkan saya menyimpannya di D:\DATA BARU\BOS\BOS 2015. Lalu buka file yang sudah kita simpan tadi. Pada sheet rencana terima isikan pertriwulan nominal BOS yang diterima satu tahun anggaran. Pada sheet rencana keluar isikan sesuai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah selama satu tahun anggaran. Pada sheet realisasi terima isikan tanggal masuk Dana BOS ke rekening sekolah, isikan tanggal pencairan Dana BOS, dan isikan rincian Pajak. Pada sheet realisasi keluar isikan rincian pengeluaran setiap satu triwulan, dengan rincian pencairan Dana BOS, pembayaran biaya belanja, dan pembayaran pajak. Jika sudah selesai buka kembali alpeka_BOS_TS-11b dan jadikan hasil GENERATE yang sudah kita isi tadi sebagai sumber data untuk mencetak K1, K2, K3, K4, K5, K6, K7, K7a, BOS-03. Kemudian lengkapi SPJ BOS anda, laporkan ke Disdik setempat. Setelah acc dan SPJ diterima silahkan online-kan K7a ke alamat http://lapor.bos.kemdikbud.go.id (jika tidak tahu kode alpeka bisa juga login dapodik). Jika ada yang kurang dimengerti, mari sama-sama belajar, kita buka sesi tanya jawab di kolom komentar.

Untuk menghindari error data pada aplikasi maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Pajak harus dibayarkan sebelum tanggal 20 dan jika pencairan dana BOS di atas tanggal 20, maka tanggal pembayaran Pajak harus sama dengan tanggal pencairan dana BOS;
  2. Pencairan dana BOS harus berselang setidaknya 1 hari dengan pembayaran biaya belanja, misalkan dana BOS dicairkan tanggal 23 Maret 2015, maka biaya belanja baru bisa dibayarkan mulai tanggal 24 Maret 2015;
  3. Agar popup update link tidak muncul, maka pastikan selalu membuka alpeka_BOS_TS-11b terlebih dahulu sebelum membuka DATA (hasil generate);
  4. Jika ada Program Sekolah yang tertinggal silahkan melakukan update data.
Demikian artikel kali ini tentang petunjuk sederhana penggunaan aplikasi alpeka_BOS_TS-11b, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...